Sebuah fakta bahwa 9 dari 15 juara paralel bersarang di SELADA. Sebuah fakta juga banyak yang menganggap kelas kami tak kompak. Akhirnya, sebuah fakta pula, seorang Dita berani bicara dengan sinisnya, “Punya hak apa mereka yang tidak menjadi komunitas SELADA untuk berani bicara seperti itu?” *plok3, aku setuju!* .... (Mariana Widjaja)

Senin, 12 Mei 2008

Pesan dan Saran dari Medari

DEWAN PAROKI ST. YOSEPH MEDARI

Jl. Garuda 14 Murangan, Triharjo, Sleman. Tlp. (0274) 868325

PROPOSAL KEGIATAN ‘LIVE-IN’

SMA SANTA URSULA, JAKARTA

2008

1. Pendahuluan

Sesuai dengan Arah Dasar Keuskupan Agung Semarang 2006-2010 yang berfokus pada keluarga, maka Paroki St. Yosef Medari menerima tawaran dari SMA Santa Ursula Jakarta untuk menerima peserta kegiatan live-inyang akan ditempatkan pada keluarga-keluarga di seluruh lingkungan yang ada di Paroki Medari (23 lingkungan termasuk 7 lingkungan di Stasi St. Thomas Seyegan).

2. Jadwal Kegiatan

Adapun waktu kegiatan live-in tersebut akan diadakan pada tanggal 27 Mei 2008 – 1 Juni 2008.

No

Tanggal

Waktu

Nama Kegiatan

Pelaksana / Tempat

Keterangan

1

26 Mei

Jam 17.00

Keberangkatan dari Jakarta

Guru / sekolah

192 siswi kelas XI dan didampingi 20 guru

2

27 Mei

Jam 06.00

Kedatangan peserta ‘live-in’

Gereja St. Yosef Medari

Dengan 5 buah bus ‘PO. Tami Jaya’

3

27 Mei

06.00 - 08.00

Persiapan peserta, pengaturan penempatan, dan pendataan kendaraan penjemput

Dewan Paroki dan Guru Pendamping / di Gereja

Melibatkan 270 orang (peserta, guru, penjemput, Dewan Paroki, dan staf Pastoran).

4

27 Mei

08.00

Makan pagi bersama

Dewan Paroki/ Panti Paroki

Yang terlibat ditambah awak angkutan ( = 280 orang).

5

27 Mei

Jam 09.00

Berangkat ke keluarga yang akan ditempati.

Lingkungan

Menggunakan kendaraan dari lingkungan tersebut.

6

28 Mei

dan hari berikutnya

Kunjungan guru pendamping

Guru / Keluarga

Sambil menyerahkan biaya akomodasi ke keluarga

7

28 Mei - 31 Mei

Kegiatan peserta tinggal bersama keluarga

(lihat arah kegiatan)

8

31 Mei

Jam 16.00

Misa Kudus (ada Penerimaan Krisma dan Audiensi)

Bapa Uskup / di Gereja

Peserta dilibatkan dalam koor (Lagu Komuni)

9

1 Juni

06.00 - 08.00

Pengantaran peserta ke gereja

Lingkungan / di Gereja

Perpisahan dengan keluarga yang ditempati

10

1 Juni

08.00

Berangkat kembali ke Jakarta

Guru / di Angkutan

Selamat jalan !

3. Arah Kegiatan

a. Misi : - Menimba pengalaman dengan siapa saja, dari mana saja, dan dimana saja (sebab guru yang paling bijaksana adalah pengalaman).

- Merasakan kebersamaan hidup di desa.

- Hidup bermasyarakat dalam lingkungan yang sederhana.

- Menjadi orang yang mandiri dalam segala hal.

b. Tujuan

1. Merasakan dan mengalami langsung kehidupan yang berbeda dari kehidupan sehari-hari para siswa.

2. Mampu menemukan dan merefleksikan nilai-nilai kehidupan yang berbeda dari realitas kehidupan yang mereka hadapi dan alami sehari-hari.

3. Melatih kepekaan sosial dan kedewasaan dalam berpikir dan bertindak.

4. Merefleksikan dan mensyukuri anugerah Tuhan.

5. Membekali diri dengan nilai-nilai kehidupan sebagai bekal menghadapi berbagai macam perubahan di masyarakat.

Jadi tujuan pokok live-in ini bukan untuk rekreasi atau bersenang-senang.

c. Peserta

Peserta live-in ini akan melibatkan :

- 192 siswi SMA Santa Ursula,

- 20 orang guru pendamping SMA Santa Ursula,

- Dewan Paroki dan Karyawan Paroki St. Yoseph Medari,

- sekitar 92 keluarga yang akan ditempati dengan masyarakat sekitarnya; dan

- Pengurus Lingkungan dari 23 dari lingkungan di Paroki St. Yoseph Medari dan Stasi St. Thomas Seyegan.

d. Peralatan yang dibawa peserta

Yang wajib dibawa siswi adalah : uang secukupnya, buku/alat tulis, topi/payung, senter, perlengkapan mandi, pakaian secukupnya (termasuk pakaian hangat, pakaian untuk tidur, sarung/kain, dan pakaian sederhana), obat-obatan pribadi (termasuk pembalut wanita), sandal, sepatu, kamera/handycam (untuk kelompok), dan makanan oleh-oleh untuk keluarga yang ditempati.

Peserta dilarang membawa HP, alat hiburan, dan sarana permainan lainnya (walkman, kartu, dsb.).

e. Prasyarat keluarga peserta

1. Keluarga yang sederhana dan tinggal di desa

2. Petani/peladang/pedagang yang masih mempunyai aktifitas informal tersebut.

3. Masih mempunyai ibu di dalam keluarga tersebut

4. Tidak berdekatan dengan keluarga peserta live-in yang lain

5. Mampu ditempati oleh dua atau tiga siswi

6. Keluarga yang aktif dan partisipatif di lingkungan

f. Anjuran

Rumah yang dituju sebaiknya memiliki :

1. Tempat tidur yang memadai, yang minimalis: amben, tikar, dan bantal.

2. MCK yang terlindung dan tertutup (tidak terbuka, seperti sungai ataupun kolam)

3. Dapur untuk mengolah makanan (dilengkapi dengan alat makan)

4. Alas (meja, dsb.) untuk menulis dilengkapi dengan tempat duduknya.

g. Larangan

Keluarga yang tidak memenuhi syarat menjadi peserta live-in:

1. Keluarga yang tinggal di luar Paroki Medari dan Stasi Seyegan.

2. Tidak lagi mempunyai ibu dalam keluarga tersebut.

3. Hanya mampu menampung 1 (satu) orang siswi.

4. Terlalu berdekatan dengan tempat hiburan atau pusat keramaian massa.

4. Pelaksanaan Kegiatan

a. Keluarga

Siswi peserta hendaknya dianggap sebagai bagian dari anggota keluarga dan tidak diistimewakan (menjadi anak emas) dibandingkan dengan anggota keluarga yang lain. Keluarga bisa bekerjasama mengerjakan pekerjaan rumah tangga sehari-hari, seperti misalnya menyapu halaman dan lantai rumah, mengepel lantai, mencuci pakaian dan peralatan makan, menyeterika, belanja bahan makan dan memasaknya, dsb. Bukan merupakan larangan (diharapkan jangan ada rasa sungkan) untuk menyuruh siswi tersebut untuk melakukan pekerjaan tersebut. Pekerjaan yang dilarang adalah pekerjaan formal dan profesional (mendapatkan imbalan untuk jasa pekerjaan tersebut, seperti misalnya: berjualan, industri rumah tangga, dsb.).

Jadwal (secara global) kegiatan bersama keluarga hendaknya dibuat dengan mengacu pada arah kegiatan tersebut diatas agar menjadi acuan siswi-siswi dalam melaksanakan kegiatan live-in. Kegiatan bersama keluarga hendaknya dirundingkan sebelumnya bersama-sama siswi dengan seluruh anggota keluarga peserta.

Setiap mau keluar rumah harus meminta ijin pada keluarga yang ditempati.

Tidak diperkenankan meninggalkan lokasi live-in tanpa sepengetahuan guru pendamping.

Sebaiknya keluarga juga memberitahukan kehadiran siswi-siswi tersebut kepada pihak berwenang setempat (RT/RW) demi keamanan lingkungan.

Tidak boleh pergi keluar rumah sendirian; harus selalu ada anggota keluarga yang menemani.

b. Makan

Sebaiknya siswi juga makan apa adanya yang biasa disediakan keluarga tersebut seperti pada kehidupan sehari-hari, jangan mengada-ada / diistimewakan / khusus. Yang penting ada pada kesederhanaan menu. Dibiasakan makan bersama dalam keluarga, walaupun tidak biasa siswi akan dianjurkan untuk mengajak seluruh anggota keluarga untuk makan bersama (pagi, siang, dan malam) dan doa bersama.

  1. Komunikasi

Guru pendamping bukannya dianggap sebagai polisi tetapi sebagai konsultan pelaksanaan kegiatan live-in ini. Jika terjadi keadaan darurat (misalnya: sesuatu hal yang kurang dimengerti, masalah yang rumit, sakit parah, tindak kejahatan, adanya ancaman yang membahayakan, dsb.) maka keluarga hendaknya melakukan komunikasi dengan pendamping terlebih dahulu untuk memastikan langkah yang sebaiknya perlu dilaksanakan. Setiap keluarga akan diberi nomer telepon pendamping yang dapat dihubungi setiap saat.

Komunikasi dengan keluarga/ kenalan siswi di tempat lain (baik oleh siswi tersebut atau oleh anggota keluarga peserta) sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan pendamping. Tidak diperkenankan dikunjungi oleh anggota keluarga atau kenalan siswi tersebut di lokasi kegiatan.

d. Pertemuan / ibadat / sembahyangan di lingkungan

Jika ada sembahyangan/ ibadat di kelompok/ lingkungan/ wilayah siswi bisa diajak ikut serta (karena sudah dianggap sebagai anggota keluarga). Agar siswi tersebut juga turut aktif dalam kegiatan tersebut, bukan sebagai penonton dan pendengar belaka. Maka diupayakan bahasa pengantar yang dipakai menyesuaikan dengan kemampuan siswi tersebut.

e. Misa di gereja

Pada hari Sabtu tanggal 31 Mei 2008 ada kunjungan pastoral Uskup Mgr. Ign. Suharyo (Uskup Agung Semarang) yang akan menerimakan Sakramen Krisma dan Audiensi bersama umat, maka sebaiknya para siswi diajak untuk turut serta mengikuti Perayaan Ekaristi tersebut. Diharapkan bantuan dari keluarga untuk mengantarkan para siswi tersebut ke gereja dan dapat duduk secara berdekatan satu sama lain. Ada beberapa siswi yang akan bertugas membantu koor (saat Lagu Komuni).

Pada waktu misa para siswi diharapkan tidak berkumpul dengan siswi lain yang tidak serumah agar dapat lebih khidmat karena tidak hanya ngerumpi sewaktu mengikuti Misa. Sehabis Misa para siswi dapat mengikuti Audiensi atau langsung pulang ke rumah keluarga yang ditempati, jangan mampir-mampir ke tempat lain.

f. Refleksi

Diharapkan pada setiap malam siswi menuliskan pengalaman yang mereka alami sepanjang hari (dalam berbagai bentuk; puisi, buku harian, gambar, karikatur, cerpen, dsb.) sebagai bahan refleksi pribadi baik peristiwa yang menyenangkan maupun peristiwa yang tidak menyenangkan. Refleksi pribadi ini nantinya akan diolah dalam rekoleksi sepulang dari live-in. Keluarga hendaknya mendukung dengan mengingatkan dan memberi kesempatan bagi para siswi untuk melaksanakan refleksi tiap malamnya.

Akan dibuat juga film dokumentasi dengan handycam, yang akan dilaksanakan pada setiap keluarga tertentu. Handycam untuk dokomentasi ini hendaknya digunakan secara bijaksana dan seperlunya.

g. Hiburan/ rekreasi

Segala macam bentuk hiburan yang sifatnya hanya pelengkap dan tidak penting sebaiknya dihindari. Pesta (ulang tahun, resepsi, dsb.), rekreasi/wisata, dan bepergian keluar rumah yang tidak begitu penting juga sebaiknya dihindari. Sebaiknya bepergian/wisata/rekreasi keluar rumah dihindari walaupun ada kenalan atau anggota keluarga yang mengajak.

5. Pesan Dan Saran

a. Di keluarga

Siswi dan anggota keluarga peserta diharapkan mengikuti seluruh irama (rutinitas) hidup keluarga yang ditempati. Diharapkan siswi dapat total meninggalkan kebiasaan hidup di Jakarta dan memasuki pola hidup baru seperti pola hidup keluarga yang ditempatinya. Tidak membuat jarak dalam komunikasi, sehingga terasa menyatu/melebur dengankeluarga yang ditempati dan tidak membuat kegiatan tersendiri / kelompok.

b. Di masyarakat

Para siswi diharapkan mengikuti tata krama dan etika yang berlaku di masyarakat (Jawa) , antara lain : menghormati yang lebih tua, menyapa/memberi senyuman kepada orang yang ditemui walau tidak kenal, berhati-hati sewaktu membicarakan dan berbicara tentang orang lain, gotong-royong/ kerjasama dengan warga masyarakat yang lain (komunal, tidak individualis).

c. Di gereja

Sebaiknya para siswi memakai pakaian yang sopan (sebaiknya memakai rok dan baju atau gaun) sewaktu mengikuti Perayaan Ekaristi yaitu tidak memakai T-shirt atau celana pendek (kulot , ¾ , atau ⅞) atau rok mini atau memakai bahan yang terlalu mencolok mata.

Tidak berbicara (yang tidak perlu) satu dengan yang lain selama di dalam gereja untuk menjaga kekhidmatan.

6. Penutup

Walaupun sudah berpisah diharapkan masih ada tali kasih antara siswi dan keluarga peserta live-in, untuk itu sewaktu kegiatan live-in perlu dijaga supaya tidak saling menyakiti perasaan satu sama lain sehingga peserta terkesan dengan kegiatan ini dan menjadi memori yang indah diantara para peserta.

Murangan, 31 Maret 2008

Dewan Paroki Medari.

Rencana Kegiatan Live-in

Latihan Soal Ulangan Terpadu

Jawab dengan singkat

1. Dalam sebuah ruang tertutup, Aline mengamati terjadinya reaksi: 2 N2O5(g) 4 NO(g) + 3 O2(g). Bila kecepatan penguraian N2O5 menjadi NO dan O2 adalah 0,05 M.s-1 maka tentukan kecepatan reaksi pembentukan gas NO dan O2!

2. Gambarkan diagram reaksi eksoterm dengan dan tanpa katalis. Dari diagram tentukan:

  • reaksi endoterm atau eksoterm
  • perubahan entalphi reaksi
  • energi aktivasi dengan/tanpa katalis

3. Tentukan Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi:

4. Pada percobaan menggunakan 5 (lima) tabung reaksi, dengan mereaksikan zat-zat berikut:

a. serbuk seng + HCl 0,1 M

b. lempengan seng + HCl 0,1 M

c. serbuk seng + HCl 0,5 M

d. butiran seng + HCl 0,5 M

e. lempengan seng + HCl 0,5 M

Tentukan Reaksi yang paling lambat dan paling cepat

5. Tentukan syarat-syarat tumbukan yang efektif

6. Tentukan ggrafik orde reaksi: nol, satu, dan dua

7. Dari reaksi 2NO + Br2 à 2NOBr

dibuat percobaan dan diperoleh data sebagai berikut:

No.

(NO) mol/l

(Br2) mol/l

Kecepatan Reaksi
mol.liter-1.detik-1

1.

0.1

0.1

12

2.

0.1

0.2

24

3.

0.1

0.3

36

4.

0.2

0.1

48

5.

0.3

0.1

108


0,4

0,4

x

Hitung:

A. Orde reaksi terhadap NO

B. Orde reaksi terhadap bromin

C. Orde reaksi total

D. Harga k

E. Rumus laju reaksi

F. x

8. Pada suhu dan ruangan tertentu terjadi reaksi: A + B hasil. persamaan laju reaksinya adalah: v = k[A]2[B]2. Jika pada suhu tetap volume gas-gas tersebut diperbesar menjadi dua kali semua, maka tentukan:

A. Laju reaksi dibanding laju reaksi mula-mula

B. Waktu reaksi dibanding waktu semula

9. Pada suhu dan ruangan tertentu terjadi reaksi: A + B hasil. persamaan laju reaksinya adalah: v = k[A][B]2. Jika pada suhu tetap volume gas-gas tersebut diperkecil dua kali semua, maka tentukan:

A. Laju reaksi dibanding laju reaksi mula-mula

B. Waktu reaksi dibanding waktu semula

10. Laju reaksi naik 3 X semula untuk setiap kenaikan suhu 15oC. Bila reaksi berlangsung selama 18 detik pada suhu 25oC, maka tentukan waktu yang dibutuhkan bila reaksi berlangsung pada:

A. 10oC

B. 40oC

C. 85oC

11. Kapan reaksi dikatakan setimbang?

12. Pada reaksi: H2(g) + I2(g) 2HI(g) . Tentukan yang harus dilakukan agar didapatkan produk sebanyak-banyaknya.

13. Pada reaksi: PCl5(g) PCl3(g)+Cl2(g) ∆H= ─ a kJ.mol-1. Tentukan yang harus dilakukan agar Reaksi bergeser ke kiri.

14. Konstanta kesetimbangan Kc untuk reaksi: 2 SO2(g) + O2(g) 2 SO3(g). adalah p. Maka tentukan harga Kc untuk:

A. SO2(g) + ½ O2(g) SO3(g).

B. 2 SO3(g) O2(g) + 2 SO2(g).

15. Tentukan rumus Kp dan Kc untuk reaksi berikut: .

A. 2NO2(g) 2NO(g) + O2(g)

B. 2NaHCO3(s) Na2CO3(s) + CO2(g) + H2O(g).

C. H2(g)+I2(g) 2HI(g)

D. 2 SO2(g) + 2 O2(g) 2 SO3(g)

E. 2 N2O5(g) 4 NO(g) + 3 O2(g)

16. Kapan harga Kp = Kc?

17. Gambarkan grafik kesetimbangan antara:

A. Waktu dan konsentrasi

B. Waktu dan lajuv reaksi

18. Tentukan prinsip-prinsip kesetimbangan yang digunakan pada:

A. Proses pembuatan amoniak menurut Haber Bosch

B. Proses pembuatan asam sulfat menurut proses Kontak.

19. Larutan berikut setelah diuji dengan penguji elektrolit ternyata dalam larutannya banyak menghasilkan ion-ion yang bergerak bebas adalah... .

A. Asam klorida

B. Natrium hidroksida

C. Asam cuka

D. Amoniak

E. Alkohol

F. Air

Mengapa?

20. Perhatikan hasil percobaannya berikut ini:

Percobaan

Larutan

Lakmus Merah

Lakmus Biru

Nyala lampu

1

AAA

merah

merah

redup

2

BBB

merah

merah

redup

3

CCC

biru

biru

terang

4

DDD

biru

biru

redup

5

EEE

merah

merah

redup

Dari hasil percobaan di atas, tentukan larutan yang bersifat:

A. Basa

B. Asam

C. Basa Kuat

D. Basa lemah

E. Netral

21. Sebanyak 8,1 gram logam aluminium kemudian direaksikan dengan asam sulfat menghasilkan aluminium sulfat dan gas hidrogen. Ar Al=27, S=32, H=1, O=16. menurut reaksi berikut:

Al(s) + H2SO4(aq) Al2(SO4) 3 (aq) + H2(g) (reaksi belum setara), tentukan:

A. Massa garam yang terjadi

B. Volume gas yang terjadi

22. Bagaimana mendapatkan gas hidrogen?

23. Agar logam aluminium mengahsilkan gas yang berwarna maka dengan apa logam itu harus direaksikan?

24. Tentukan reaksi berikut yang berlangsung:

A. Fe + CuSO4

B. Mg + Zn Cl2

C. Zn + NaOH

D. Ag + AuCl

E. Ag + NaOH

25. Tentukan hasil reaksi dan reaksi ionisasi dari

A. Ba(OH)2(aq) + H2SO4(aq)

B. CaCl2(aq) + H2SO4(aq)

C. CaCl2(aq) + Na2CO3(aq)

D. BaCl2(aq) + Na2CO3(aq)

E. Ba(OH)2(aq) + HCl(aq)

26. Berikut ini data titrasi suatu asam kuat bervalensi satu dengan larutan NaOH 0,1 M

Percobaan I

V NaOH (ml)

Percobaan II

V NaOH (ml)

Titrasi I

14,8

Titrasi I

14,8

Titrasi II

15,4

Titrasi II

15,0

Rata-rata

15, 1

Rata-rata

14, 9

Maka tentukan molaritas 20 ml larutan asam asam kuat bila:

A. Asam kuatnya valensi 1

B. Asam kuatnya valensi 2

27. Gambarkan grafik titrasi:

A. Asam kuat dengan basa kuat

B. Basa kuat dengan asam kuat\

C. Asam lemah dengan basa kuat

D. Basa lemah dengan asam kuat

28. Bila diketahui Ksp AgCl = 10-10 maka tentukan kelarutan (s) maksimum AgCl dalam

A. Air

B. 0,1 M NaCl

C. 0,1 M kalsium klorida

D. 0,1 M perak nitrat

29. Jika harga Ksp. CaSO4 = 10-5, maka campuran berikut yang menghasilkan endapan adalah…

A. 50 ml CaCl2 0,002 M + 50 ml Na2SO4 0,002 M

B. 100 ml CaCl2 0,01 M + 100 ml Na2SO4 0,01 M

C. 100 ml CaCl2 10-4 M + 100 ml Na2SO4 10-4 M

D. 100 ml Ca(OH)2 10-4 M + 100 ml H2SO4 10-4 M

E. 500 ml Ca(OH)2 10-5 M + 500 ml H2SO4 10-5 M

30. Bila Jessica Sandrina Hendropurnomo sudah mengetahui kelarutan perak kromat, Ag2CrO4 adalah 4 x 10-12 M. Maka dengan mudah dihitungnya Ksp senyawa tersebut, yaitu… .

A. 1,6 x 10-23

B. 1,6 x 10-22

C. 2,56 x 10-34

D. 2,56 x 10-36

E. 2,56 x 10-38

31. Lucia Kartika menuliskan dengan beberapa hubungan antara Ksp dengan kelarutannya, yaitu... .

A. Ksp Ag2SO2 = 4s3

B. Ksp AgCl = 4s2

C. Ksp CaO = 27s3

D. Ksp Mg(OH)2 = 4s2

E. Ksp Al(OH)3 = 27s3

32. Hasil kali kelarutan Ag2CO3 = 3,2 x 10-11. berapa gram kelarutannya dalam

A. 100 ml air

B. 100 ml perak nitrat 0,1 M

33. Ksp Ca(OH)2 adalah 4 x 10-6. . Hitung pH larutan

34. kelarutan AgCl paling besar jika AgCl dilarutkan dalam… .

A. HCl 0,005 M

B. BaCl2 0,1 M

C. NaCl 0,1 M

D. AgNO3 0,1 M

E. Air

35. Jelaskan dengan singkat tentang busur bredig

36. Tentukan macam-macam pembuatan koloid

37. Tentukan cara pembuatan koloid dengan cara dispersi.

38. Koloid berikut liofil atau liofob:

A. protein,

B. susu,

C. sol logam

D. gelatin,

E. sol sulfida,

F. sabun

G. agar-agar,

H. kanji,

I. detergen

J. mayonaise,

K. sol belerang

39. Tentukan jenis koloid untuk:

A. Odol

B. Asap

C. Mutiara

D. deodorant

40. Apa pengertian

A. Liofil

B. Liofob

C. Hidrofil

D. Hidrofob

41. Apa yang menyebabkan koloid bermuatan?

42. Koloid apa yang digunakan untuk

A. Untuk menghilangkan bau badan

B. Penjernihan air

C. Emulsi air minyak dan sabun

43. Apakah terjadi pengendapan CaCO3. jika ke dalam 1 liter 0,05 M Na2CO3 ditambahkan 1 liter 0,02 M CaCl2, dan diketahui harga Ksp untuk CaCO3 adalah 10-6.

44. Apa sifat-sifat koloid? Beri penjelasan singkat.

45. Tentukan reaksi hidrolisis yang terjadi, sifat larutan (asam/basa/netral), pH larutan untuk larutan:

A. 100 ml larutan amonium klorida 0,1 M

B. 100 ml larutan amonium sulfat 0,1 M

C. 100 ml larutan natrium asetat 0,2 M

D. 100 ml larutan kalsium asetat 0,2 M